Archive for the Java Category

Dari milis JUG, menarik untuk mempelajari jalur belajar Java Developer

http://endy.artivisi.com/blog/java/road-to-java-se

kalo udah jago,
http://endy.artivisi.com/blog/java/road-to-java-ee

Sudah baca donk yang Overiding? kalo belum klik sini aja

Berikutnya kita bahas dikit yuk tentang Overloading itu sendiri. Overloading merupakan salah satu sifat dari Polimorphism yang mempunyai ciri memiliki nama yang sama tetapi berbeda fungsi. Dalam hal ini bila suatu class mempunyai suatu method tertentu, kemudian kita bisa mendefinisikan method tersebut dengan menambahkan suatu parameter lain tetapi tetap memiliki nama yang sama, itu yang disebut dengan Overloading.

Kita lihat contohnya saja yuk,

(more…)

Salah satu dari karakteristik Object Oriented Programming (OOP) adalah Polymorphism. Opo iku Polymorphism? (Apa itu Polymorphism? dengan menggunakan bahasa java… eh jawa)
kayaknya susah banget mengucapkannya,….hehehe…palagi menerangkannya yak.
Tapi gini loh, Polymorphism itu suatu obyek yang memiliki sifat yang sama dengan parent nya atau pada class nya sendiri. Sifat obyeknya ini bisa dalam bentuk yang berbeda-beda, kan poly. Bisa terjadi banyak perubahan sifat pada subclass nya.
Lebih jelasnya nanti deh kalau udah lihat contohnya. Kita lanjutkan dulu ya…

Polymorphism itu sendiri terbagi dua yaitu: Overloading dan Overiding. Duh apa lagi nih istilahnya…hehehe kayaknya kok susah sih. Tapi kali ini kita bahas dulu tentang Overiding aja yak. Yang Overloading akan di bahas sendiri lagi nanti.

(more…)

Rasanya pingin coba coding lagi nih, udah lama ndak ngerasain coding, pingin lagi ngerasain code Java gimana yah, sekalian pingin ngikutin trend yang ada nge java di ranah Jawa ini. Lha wong jowo gak iso java yok opo seh…. ho no co ro ko… do tho so wo lo… mo go bo to ngo

Asik juga kali nge code, pa lagi nge code di powerbook,… wedeh
Kalo ngikutin diskusinya di JUG…wah bener-bener bikin ngiler euy.. ndak ngerti juga jadi pingin ngerti… canggih-canggih nih orang di JUG.
Barangkali bisa jadi buku nih, at least masih ada impian untuk buat buku road to Java (learning curve)… ngimpi kale ye…. setidaknya masih bisa ngimpi.. 🙂

Yuk … siap-siap nunggu kabar selanjutnya