Archive for the Software Engineering Category

Salah satu teknik yang sedang in dalam development process suatu aplikasi adalah Agile, salah satu pengembangan nya adalah Scrum. Cerita awalnya bisa dari metode pengembangan waterfall yang tidak begitu pas lagi bila dalam kondisi tertentu (atau bahkan dalam kebanyakan kondisi) untuk pengembangan aplikasi. Ditambah lagi dengan adanya pengembangan dari sisi teknologi bahasa pemrograman yang sudah semakin mudah dan lebih cepat lagi (pemanfaatan OO), plus adanya perubahan yang selalu terjadi pada lingkungan bisnis proses, memaksa pengembangan aplikasi pun di buat lebih cepat, mudah beradaptasi terhadap perubahan bisnis proses, dan mendorong user sebagai bagian dari pengembangan aplikasi, sehingga aplikasi bisa digunakan langsung oleh user. Untuk lebih lanjut tentang sejarah Scrum bisa di cek di Wikipedia.

Info dasar Scrum bisa di baca pada Scrum-Guide di scrum.org, ada versi bahasa Indonesia. Sumber lainnya bisa di cek di site google.

Implementasi Scrum bersifat unik pada setiap perusahaan, tetapi aturan dasarnya tetap mengacu pada Scrum Guide. Seorang Scrum Master akan menjadi coach/pendamping scrum tim, hingga tim menjadi mandiri. Scrum Master bukan pengganti Project Manager, Scrum Master merupakan servant leadership (pemimpin yang melayani). Scrum Master merupakan fasilitator tim pengembang bukan seseorang yang memerintah atau memberi pekerjaan kepada tim pengembang.

Membaca Scrum Guide begitu mudah, role yang gamblang (mudah dipahami), tapi untuk menguasai tidak mudah, karena banyak tantangannya. Baik untuk merubah paradigma setiap orang yang terlibat, pembuktian pada organisasi dan manajemen.

Menjadi seorang Scrum Master sangatlah menantang.

Wee…agak terlalu serius nih, tapi ndak pa-pa lah di pajang dulu kerjaannya…

Pada kenyataannya untuk memahami tentang kebutuhan awal dari pengguna tidaklah mudah karena dalam perjalanan proses pembuatan suatu aplikasi biasanya di tengah perjalanan ternyata mengalami perubahan, padahal mereka sudah mengetujui di awal pembuatan.

Beberapa hal yang perlu di ketahui antara lain:
Apa Requirements Engineering itu?
Requirements Engineering membantu seorang Software Engineering untuk memberikan pengertian yang lebih baik terhadap masalah yang hendak di pecahkan, antara lain: pemahaman tentang bisnis yang berpengaruh pada aplikasi, kebutuhan pengguna, dan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan aplikasi.

Mengapa begitu penting?
(more…)

Kali kita bahas yang lebih seriusan dikit yah….
Tentang User Interface Design, apakah itu? User Interface Design itu memberikan suatu bentuk komunikasi antara penguna (user) dengan komputer. Bagaimana pengguna berinteraksi dengan komputer dengan menggunakan tampilan antar muka yang ada di layar komputer. Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh pada user untuk mengunakan atau berkomunikasi dengan komputer. Bilamana suatu program susah untuk digunakan, maka hal ini akan memaksa user untuk melakukan suatu kesalahan saat mengunakan program tersebut.

Tiga hal perlu di perhatikan
Dalam bukunya Interface Design, Theo Mandel menyebutkan tiga hal penting yaitu :
1.Tempatkan user sebagai kontrol
2.Mudahkan user untuk mengingat
3.Konsistensi antar muka

Ke tiga hal tersebut di atas adalah dasar untuk membuat suatu desain antar muka yang sangat prinsip, sehingga dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat desain aplikasi/program.

(more…)

Kayaknya keren ya Sofware Engineering…weedeh…berat abis deh, bagi yang belum tahu kira-kira makhluk apa ini, berikut kutipan yang di ambil dari wiki

Software engineering is the application of a systematic, disciplined, quantifiable approach to the development, operation, and maintenance of software.[1] It encompasses techniques and procedures, often regulated by a software development process, with the purpose of improving the reliability and maintainability of software systems.[2] The effort is necessitated by the potential complexity of those systems, which may contain millions of lines of code.[3]

— kalo mengutip dari Ian Sommerville dari bukunya Software Engineering, di sebutkan Software Engineering adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan, dimana ada dua kata kunci yaitu:
(more…)