Archive for the open source Category

Sudah hampir satu bulan Ubuntu 11.04 muncul, menarik untuk selalu mencoba hal baru pada ubuntu ini. Share dikit nih, installasi ubuntu 11.04 pada Virtualbox.
Atas koreksinya someone (anonym) untuk ubuntu 11.04 dengan code name Natty Narwhal, sedangkan Oneiric Ocelot adalah code name untuk ubuntu versi berikutnya 11.10.

Nih tampangnya

 

 

 

 

 

 

 

Ngiler nih liat tampilannya, tambah penasaran pingin coba.

(more…)

Menanggapi pertanyaan untuk installasi openbravo sebelumnya, berikut coba saya share installasi openbravo. Zaman dulu sih keliatannya mudah banget dengan xampp biasa, trus installasi paket openbravo sudah bisa running baik di windows, linux, ataupun under mac OS. Plus di tambah ada fasilitas installernya, klik next dan next 😀

Kita akan gunakan server dengan cara virtualisasi. Apa itu virtualisasi? google yak :)
Salah satu tools untuk virtualisasi dengan Virtualbox (http://www.virtualbox.org/)

Oya, kebutuhan memory komputer untuk menjalankan openbravo pada virtualbox minimal 2 GB, 1 GB memory adalah rekomendasi minimal untuk menjalankan openbravo pada virtualbox. 1 GB sisanya untuk OS yang menjalankan virtualbox.

Langsung saja lah kita mulai petunjuknya, di bagi atas beberapa langkah:

Mulai Installasi
Nah skarang ini udah openbravo 3, salah satu caranya dengan menggunakan virtual box. Yang akan kita lakukan ini seolah kita melakukan konfigurasi server. Dimana servernya? di virtual box yang akan kita buat ini :)

Berikut petunjuk installasinya:
(more…)

Akhirnya kesampain juga nih coba instalasi Ubuntu terbaru 10.04 Lucid Lynx pada sebuah laptop kantor, khususnya pada Compaq V3000. Instalasi sangat cepat bila di bandingkan dengan openSuse 11.3, termasuk juga booting awalnya juga cepat.

Koneksi dengan WIFI wow guampang banget, ndak perlu mikir lagi, yang penting bisa langsung di pake kerja. Koneksi dengan printer melalui samba pun mudah. Tampilan GNOME nya pun sudah makyus muantap lah, palagi Compiz nya udah langsung on sejak awal, wee asik, serasa pake MacOS lah.

Instalasi Crossover untuk install MS. Office 2007, untuk menjaga kompatibilitas dengan rekan kerja yang masih pake MS. Office, untuk kebutuhan pribadi sekarang sih rasanya akan membiasakan diri untuk menggunakan OpenOffice.

Masih perlu juga nih instalasi VirtualBox dengan XP nya agar bisa menggunakan VisualParadigm dan System Architectnya biar bisa kerja dengan sesama rekan Analyst.

Jadi perlu belajar lagi nih untuk memperdalam pemanfaatan ubuntu lebih lanjut. Donwload ebook ubuntu dan mulai membaca dokumentasinya. Ada 10 hal nih yang perlu di perhatikan setelah instalasi Ubuntu 10.04, cek ke website berikut 10 things to do. Yang menarik sih Ubuntu Tweaknya nih.

(more…)

Tulisan ini melengkapi tulisan sebelumnya tentang openbravo sebagai open source ERP. Sebelum berkembang lebih lanjut, gimana kalo di omongin tentang open source itu sendiri, Open source kalo di Indonesiakan itu sumber terbuka,…dan menurut Wikipedia versi Indonesia, disebutkan bahwa open source (sumber terbuka) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).
Kalo menurut IGOS, Open source software bukan sekedar produk yang dapat menggantikan software-software mahal, tetapi lebih pada terbukanya peluang berinovasi dengan kode-kode yang terbuka untuk dikembangkan menjadi berbagai aplikasi lainnya. Ini yang membedakan dengan software proprietari yang dijual dengan harga puluhan hingga ribuan dolar AS.(Sumber: Kusmayanto Kadiman)

Gimana….cukup jelaskan kan. Selanjutnya ERP, dimana ERP itu sendiri (more…)

Kebetulan ada yang tanya tentang openbravo untuk keperluan konsultasi dan penerapan implementasi ERP berbasiskan open source. ERP itu apa, wah itu bisa di bahas nanti atau coba google dulu ya :)openbravo-erp

Nah dari explorasi yang cukup intens nih, menarik banget ternyata openbravo ini. Pertama di lihat dari pandangan pertama sebagai orang awam nih… ok juga tampilannya. Boleh di coba langsung kok di websitenya ada demo onlinenya.  Ke dua kalo dilihat sebagai open source, kan jadi lebih memudahkan perusahaan untuk mengimplementasikan ERP di lingkup kerjanya. Sudah ada kenapa mesti buat lagi dari awal dan ada source code nya lagi.

Dari investigasi langsung dan mencoba untuk mendownload, bisa di banyak platform nih asiknya (windows, linux, dan mac), tentu saja download versi (more…)