Archive for the CMMI Category

Maturitas, hm mungkin bagi yang belum kenal bisa kenalan dulu :)

selanjutnya apakah perlu di ukur? apanya sih yang di ukur dan bagaimana mengukurnya? selanjutnya bila telah di ukur mo di apakan?… ini yang mo saya share disini…tapi tunggu dulu lagi cari ide untuk menuangkannya 😀
… … … … …

Apaan tuh CMMI itu? kalau di tarik dari singkatan kata bahasa inggrisnya yaitu “Capability Maturity Model Integration”, nah kalo di cek ke Wikipedia tuh, CMMI is a process improvement approach that provides organizations with the essential elements of effective processes that ultimately improve their performance. Nah ngerti ndak tuh? :)
Kalau belum jelas nih arti dari SEI (Software Engineering Institute) yang mengeluarkan CMMI, CMMI adalah suatu proses untuk meningkatkan kesempurnaan suatu model pada pengembangan suatu produk dan jasa (CMMI-DEV Ver.1.2, 2002:3).
Menurut Siviy, The CMMI is model, a collection of process and product development best practice, and a framework for process infrastucture.

Rasanya udah jelas donk, dari beberapa pengertian di atas, intinya CMMI merupakan suatu pendekatan untuk mengembangkan suatu proses sehingga mencapai suatu kesempurnaan pada pengembangan suatu produk khususnya pengembangan perangkat lunak.

Kalau mo lihat referensi CMMI bisa di lihat di blognya Endy tentang CMMI. Di blognya Hendra juga ada pembahasan tentang CMMI ini. Tapi ada juga sih CMMI versi Indonesianya, namanya KIPI, bisa di lihat di blognya Opan. Beberapa hal lainnya terkait dengan CMMI juga bisa di lihat pada blog Jokondo.

Romi Satria Wahono juga menyebutkan tentang keterbatasan pengetahuan pada software development pada Industri Software Lokal. Dimana kurangnya pengetahuan tentang methodology standar mengakibatkan proses SDLCnya ndak bagus. Romi Satria juga menyebutkan teknik pengukuran kualitas perangkat lunak dengan baik.

Terasa bener nih kalau sesuatu yang terpaksa di kejar untuk di selesaikan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, masih terasa ada kekosongan di sana sini. Jadi kalau itu baju mesti di tambal sana sini kayak baju kaum Kay-pang…hehehe.

Tetapi sisi positifnya tetap ada, kalau urusan ini selesai maka salah satu tugas besarnya juga selesai sudah, di harapkan sebelum akhir tahun 2009 ini berakhir, tugas besar inipun selesai. Alhamdulillah masih di beri kesempatan untuk bisa melakukan semua ini dengan lebih tenang dengan semua karunia Allah SWT lah serta dukungan moral dari keluarga tentunya.

Buat paper tentang CMMI nih, yang nantinya akan di sebar luas kan juga melalui serangkaian ulasan-ulasannya di blog ini juga. Sengaja juga membuat satu kategori lagi khusus untuk CMMI. Kali ini paper yang dibuat tentang integrasi CMMI dengan Six Sigma. Tengok-tengok kembali ya barangkali sudah ada ulasan-ulasan lain tentang CMMI ini.