Archive for the Mac Category

Akhir memilih untuk menggunakan Ipad dibandingkan menggunakan Iphone, ada beberapa alasan antara lain:
– Iphone 5 (terbaru) akan muncul di oktober 2011, jadi sekalian nunggu nih :)
– Ipad bisa digunakan sekeluarga, selain tentunya untuk kontrol project dilapangan

Memasuki ranah Ipad dkk (Ipod dan Iphone) sedikit berbeda dengan ranah Mac selain perbedaan OS, dimana Ipad dkk menggunakan IOS (dimana versi terakhirnya 4.3.5) dibandingkan dengan OS pada Mac yang menggunakan Mac OS X (Lion versi terakhirnya)

Nama “Lion” akhirnya kepake juga nih, fitur-fitur yang telah dikembangkan Apple pada iPhone dan iPad akan di masukkan ke Mac OS X. Kebetulan belum punya nih ke dua gadget itu, belum kesampaian. Bisa coba-coba di Mac OS X yang terbaru. Tapi masih lama munculnya nih di tahun 2011 (summer) yang notebene tinggal 2 bulan lagi nih.

Fitur seperti Mac App Store yang sudah terintegrasi pada Mac OS X, Launchpad (iPad), full screen application, mission control, dan masih banyak lagi yang nantinya akan di sebutkan satu-satu pada saat launching.

Bocoran yang ada baru itu dulu, bisa di cek di website Apple. Semua produk apple akan memiliki kesamaan fungsi pada semua produknya.

Thanks to p’Bangun, yang masih inget untuk mencari memory lebih untuk menambah kekuatan ingatan macbook ini. Cari-cari di tempat lain dengan keterbatasan budget yang sangat mepet tapi memang butuh banget tambahan memory.

Emang butuh banget yak, ya dan tidak sih, tapi sering kesel kalo lagi buka windows dengan vware fusion, dimana firefox dan mail lagi kebuka, sering berasa lemotnya tuh windows, mana lagi butuh cepet lagi.

Ditambah kemungkinan untuk buka-buka cs3 lebih sering nih, lagi mo ngoprek photoshop, dreamweaver, flash yang notabene emang rakus memory.

Pasang dan rasakan dengan 4 gig, emang berasa banget buka windows seven juga enteng banget padahal juga lagi buka opensolaris berbarengan.

InsyaAllah ada manfaat lainnya yang bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin dengan gadget ini.

Sewaktu backup data-data dari powerbook ke ekternal hardisk dan memasukkan kembali ke macbook, banyak juga file-file yang di organisasikan ulang dan banyak yang juga yang dibuang.

Agar benar-benar di hapus dari trash, maka lakukan pembersihan data dari trash agar benar-benar hilang. Dengan cara biasa ternyata ndak mempan tuh. Ternyata ada pesan bahwa ada file yang masih di lock. Tapi posisinya kan gak jelas tuh karena saking banyaknya folder dan file yang sudah terbuang.

Setelah googling sebentar ternyata mudah juga. Ada 2 cara yaitu:
1. Dengan menggunakan menu Finder, klik alt option itu sebelum klik Empty trash. Lebih jelas bisa cek di sini http://support.apple.com/kb/HT1526

2. Cara ke dua dengan menggunakan terminal dengan mengetikkan perintah
sudo rm -rf ~/.Trash/*
kemudian masukkan password administratornya, agar bisa menjalankan perintah tersebut

Beres sudah, wuih bayangkan kalo mesti satu-satu unlock file yang terlock. wuih…gitu aja kok repot

Sepertinya ngimpi saja, yang sebelumnya tak terpikirkan untuk melakukan pembelian gadget kembali, karena kebutuhan untuk keperluan bekerja lebih nyaman dan menambah semangat, akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian gadget notebook. Serta beberapa alasan lainnya :)

Setelah keliling-keliling dan mencari laptop yang pas, terpikir untuk membawa yang ukuran 12″ saja karena selama ini udah puas banget bawa powerbook kesayangan kemana-mana. Tinggal processornya saja dan kapasitas hardisk tentunya memory di atas 1GB. Kapasitas hardisk minimal 250GB lah biar bisa muat lebih banyak lagi. Nah processor nih yang lagi bingung, kenapa untuk yang 12″ kok ndak ada yang tinggi paling mentok sih di T6400, tidak bisa lebih. Oya tentunya dibatasi juga budgetnya paling tidak dibawah 10jt lah…hehehe banyak maunya.

Pilihan ternyata ada di Axio, Acer, Compaq, dan Lenovo nih, mo milih untuk OS Windows dan bisa di pake buat nge Linux juga, udah lama juga ndak ngoprek lagi.

(more…)

Beberapa waktu lalu, PowerBook kesayangan mengalami gangguan teknis sehingga tidak bisa hidup lagi. Deg….kenapa ndak nyala ya, bateray abis, isi bateray semalaman,…wah jadi demam nih PowerBook…wah jangan-jangan…..
Sempet deg-degan banget…gimana ya…apakah sudah berakhir waktunya menggunakan mac?

Coba di bawa ke dokternya yang ahli, setelah di cek sebentar, kemungkinannya pada kipas yang tidak berputas sehingga mengakibatkan panas, karena panas berlebih maka mesin tidak bisa menyala. Deg…
Mesti ganti kipas nih, dan sensor kipas tidak berfungsi kembali akhirnya dari awal mulai, suara kipas santer terdengar. Ndak pa-pa lah, daripada tidak sama sekali lebih baik di perbaiki, masih banyak hal yang perlu dikerjakan dengan PowerBook ini.

(more…)

Suka sekali membaca hal berikut, ini di kutip dari blog seorang teman, wajib di baca ….

PIDATO STEVE JOB — PENDIRI APPLE & PIXAR — DI ACARA WISUDA STANFORD UNIVERSITY

“Saya merasa bangga di tengah-tengah Anda sekarang, yang akan segera lulus dari salah satu universitas terbaik di dunia. Saya tidak pernah selesai kuliah. Sejujurnya, baru saat inilah saya merasakan suasana wisuda. Hari ini saya akan menyampaikan tiga cerita pengalaman hidup saya. Ya, tidak perlu banyak. Cukup tiga…”

Cerita Pertama: Menghubungkan Titik-Titik
Saya drop out (DO) dari Reed College setelah semester pertama, namun saya tetap berkutat di situ sampai 18 bulan kemudian, sebelum betul-betul putus kuliah. Mengapa saya DO? Kisahnya dimulai sebelum saya lahir. Ibu kandung saya adalah mahasiswi belia yang hamil karena “kecelakaan” dan memberikan saya kepada seseorang untuk diadopsi.

(more…)