Archive for the Ubuntu Category

Ini mungkin topik lawas banget dan sangat mendasar, tapi ndak pa2 lah sembari mengingatkan (bagi yang lupa) aja sekalian lagi coba set server-serveran di kantor.

Installasi LAMP di Ubuntu, tentunya

 

  • Ubuntu sudah terinstall ya
  • Install Apache

 

Masuk ke terminal Ubuntu (kalo lupa bisa coba menu Applications > Accessories > Terminal)

lakukan perintah: sudo apt-get install apache2

Nanti akan di tanya password, masukkan saja password user Ubuntu (as admin)

  • Testing Apache

Testingnya dengan mencoba browser ketik pada URL, http://localhost

  • Install PHP

Masih di terminal yang sama, ketik perintah berikut: sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5

phpinfo

(more…)

Akhirnya datang juga, Ubuntu 12.04 LTS (Precise Pangolin), install di Asus U36S dengan NVidia Geforce GT 502M. Semakin enak cara installnya bisa berdampingan dengan Win 7. Saat install ada pilihan untuk membagi 2 partisi yang telah digunakan oleh Windows 7. Geser ke kanan dikit untuk kasih space lebih banyak ke Windows, sementara Ubuntu mau di coba-coba dulu.

Eits ada yang kurang nih dengan NVidia nya, secara default udah ke detect tapi kok compiz nya belum bisa on, mesti tanya mbah dulu nih. Di link berikut http://ubuntuforums.org udah ada infonya, donwload dulu driver terbaru di NVidia, dapetin versi terakhirnya 295.40 Release tanggal 11 Apr 2012 sebesar 33 MB.

Dicoba dulu ya…..
info dari link http://www.socialblogr.com/2012/03/how-to-install-nvidia-graphic-card-driver-on-ubuntu-10-10.html

Hasilnya malah kacau nih (screen layar jadi besar, resolusi tidak bisa di kecilkan krn kehilangan driver), barangkali ada yang salah.

Coba search lagi, dapat info dari Ubuntu Geek,
Ketikkan perintah berikut

sudo apt-get update
sudo apt-get install nvidia-current

akan langsung update driver sebesar 33.5 MB dan melakukan installasi langsung. Kita lihat hasilnya

Sudah hampir satu bulan Ubuntu 11.04 muncul, menarik untuk selalu mencoba hal baru pada ubuntu ini. Share dikit nih, installasi ubuntu 11.04 pada Virtualbox.
Atas koreksinya someone (anonym) untuk ubuntu 11.04 dengan code name Natty Narwhal, sedangkan Oneiric Ocelot adalah code name untuk ubuntu versi berikutnya 11.10.

Nih tampangnya

 

 

 

 

 

 

 

Ngiler nih liat tampilannya, tambah penasaran pingin coba.

(more…)

Akhirnya kesampain juga nih coba instalasi Ubuntu terbaru 10.04 Lucid Lynx pada sebuah laptop kantor, khususnya pada Compaq V3000. Instalasi sangat cepat bila di bandingkan dengan openSuse 11.3, termasuk juga booting awalnya juga cepat.

Koneksi dengan WIFI wow guampang banget, ndak perlu mikir lagi, yang penting bisa langsung di pake kerja. Koneksi dengan printer melalui samba pun mudah. Tampilan GNOME nya pun sudah makyus muantap lah, palagi Compiz nya udah langsung on sejak awal, wee asik, serasa pake MacOS lah.

Instalasi Crossover untuk install MS. Office 2007, untuk menjaga kompatibilitas dengan rekan kerja yang masih pake MS. Office, untuk kebutuhan pribadi sekarang sih rasanya akan membiasakan diri untuk menggunakan OpenOffice.

Masih perlu juga nih instalasi VirtualBox dengan XP nya agar bisa menggunakan VisualParadigm dan System Architectnya biar bisa kerja dengan sesama rekan Analyst.

Jadi perlu belajar lagi nih untuk memperdalam pemanfaatan ubuntu lebih lanjut. Donwload ebook ubuntu dan mulai membaca dokumentasinya. Ada 10 hal nih yang perlu di perhatikan setelah instalasi Ubuntu 10.04, cek ke website berikut 10 things to do. Yang menarik sih Ubuntu Tweaknya nih.

(more…)

Instalasi modem GSM Bandluxe C180 pada laptop Compaq V3000 dengan OS Ubuntu 10.04 ternyata tidaklah susah amat (wee sombong dikit). Padahal coba pertama kali sih hopeless juga, bisa ngak sih install modem GSM Bandluxe C180 di Ubuntu. Searching di pabrikannya Bandrich nemu cara instalasi C180 tapi untuk Ubuntu 9.10. Download zip nya, di baca petunjuknya, untuk ngejalani sh aja susah amat, ngak bisa-bisa. Ternyata propertinya mesti di set dulu agar bisa di execute jadi executable. Caranya tinggal di klik kanan saja, pilih properti. Pada tab Permission, beri tanda centang pada Allow  executing file as a program.

Dan ternyata gagal,…juga sodara-sodara. Hehehe,
Tanpa pantang menyerah, search lagi, ada petunjuk nih dari Borys dari polishlinux.org, doi pake wvdial ternyata. Coba melakukan

sudo apt-get install wvdial gnome-ppp

ndak efek juga, setelah melakukan wvdialconf pada terminal
kalo gitu modemnya di eject dulu, klik kanan pada modemnya trus eject
kemudian di coba lagi wvdialconf, nah baru deh ke detek tuh modem, asik

Trus cara koneksinya gimana?
(more…)

Akhirnya dapat juga nih kirimin CD Ubuntu 8.04 HH, walaupun udah donwload duluan sih, at least punya lah dari Conicalnya. Pesan 2 CD untuk Desktop dan Server.

Selanjutnya tinggal cari DVD Reponya, untung udah ketemu contact personnya di depok. Nick name Ninth Ocean, udah dapet HP tinggal kontak untuk minta DVD nya. Nah jadi masalah skarang mo coba install dimana yah.. punya PC ndak ada monitornya. ck..ck..ck…., mana PC perlu di upgrade ke P IV nih.

Feisty Fawn (7.04) udah keluar, lagi donwload alternatenya ama mo pesen repository dvd nya ah, jajal di kantor. Nanti mo coba review dikit tentang Feisty ini, coba kita lihat kehandalannya.