Archive for the Project Category

Ujian sertifikasi Project Management Profesional (PMP) dari Project Management Institue (PMI) merupakan salah satu ujian yang lumayan sulit atau bagi beberapa orang merupakan ujian sertifikasi yang sangat sulit. Sangat relatif memang, kalau dengan persiapan yang baik, pengalaman beberapa rekan yang sudah lulus PMP menyebutkan tidak terlalu susah.

Sertifikasi PMP memiliki beberapa persyaratan antara lain

  1. Bagi mereka yang sudah sarjana, harus memiliki jam terbang di proyek lebih kurang 4500 jam (lebih kurang 3 tahun terakhir). Bagi yang belum sarjana, jam terbang di proyeknya lebih lama yaitu 7500 jam.
  2. Sudah mengikuti pelatihan project management selama 35 jam

Detilnya ada di link berikut http://www.pmi.org/Certification/~/media/PDF/Certifications/pdc_pmphandbook.ashx

sumber: PMI Certification

Berapa biayanya?

Untuk non PMI member biayanya sebesar $ 555, bagi PMI member biayanya $ 405 untuk ujian dengan komputer online (CBT). Jadi lebih murah kan kalau jadi member PMI. Disamping itu bisa donwload ebook gratis PMBOK untuk materi dasar ujian sertifikasi PMP tersebut.

Untuk jadi member PMI biayanya $ 129 kemudian jangan lupa join juga PMI lokal chapter dalam hal ini PMI Indonesia Chapter, dengan tambahan biaya $ 15

Mengapa PMP?

(more…)

Menyempatkan diri untuk menuliskan sesuatu yang rasanya ok lah untuk di tuliskan pada blog ini. Hehehe kok ok lah, sekedar meluapkan isi hati, curhat ni jreng 😀

PM alias Project Management akhirnya bisa kudalami lebih serius dan lebih baik lagi. Kenapa gitu? at least 3-4 tahun terakhir ini sebenarnya dunia per PM an ini sudah sering di lalui dengan akting “as a PM” saja. Hehehe, posisinya sih lebih banyak ke leadership tapi selain merangkap sebagai seorang System Analyst juga merangkap sebagai PM, terutama di pekerjaan terakhir sebelum memasuki wilayah kerja baru per 1 Feb 2011 ini. Kalau bisa lebih fokus tentunya ilmu ini akan sangat menarik gitu, terutama memasuki dunia PM pada sisi yang berbeda. Selama ini lebih sering berkecimpung pada dunia software development, udah banyak lah jatuh bangunnya di dunia software development ini, malah lebih sering jatuhnya kale….hehehe namanya juga pengalaman, ambil yang terbaiknya, dan lakukan berikutnya dengan lebih baik lagi. Tetep ambil lesson learn-nya dari setiap pengalaman yang ada.

(more…)

Udah dapet merit, kepikiran untuk upgrade powebook, tapi setelah di pikir-pikir mendingan upgrade PC dulu deh, biar bisa maen di PC dengan anak-anak tanpa kuatir terhadap device. Lebih bandel dan tidak terlalu mahal if something happen (hope no)

Set budget yang ndak terlalu besar, cukuplah cari info harga dan device … akhirnya dapat juga (hampir ndak jadi) Core 2 Duo dengan asus P5KPL-AM VGA Intel GMA 3100 (next NVidia 512..nungu merit lagi), 250 GB (gak ada yg lebih gede lagi di depok :(..), 1 keping memory 2 GB (next add 2 GB lagi), dan 1 router WIFI (Prolink) buat share Internetan di rumah.

Saat ini cukup buat mengisi kegiatan liburan akhir tahun,…

Next..intalasi OS…ini bikin pusing
biasa pake OSX skarang mo coba XP lagi.. 🙁
biar kompatibel ama program anak-anak AKAL

coba XP cuma bertahan 3 hari, rasanya males pake XP kenapa ya, ntar di kantor pun pasti pake itu…
coba Vista dulu ah, cari CD dan Install…gagal…payah deh
eit..ternyata belum baca dengan bener…install ulang dan berhasil.. asik
next coba AERO kayak apa sih…VGA ok skorpun udah 3.1 nih…
ya cuma segitu doang….ndak ada apa-apanya nih di banding dgn ..ehm (OSX tentunya)

Coba OSX86Project ah…search nemu deh. Klik ini
coba cari iATKOS v.5.1 nih…lagi download, kayaknya perlu 3-4 hari, cukup waktu untuk coba-coba VISTA beserta jajarannya…

tunggu info berikutnya tentang instalasi OSX di intel P5KPL-AM

Krisis listrik juga nih Palu, hari ke 4 merupakan kunjungan ke Polres Palu, tetapi ternyata terhambat oleh listrik dari pagi hingga petang hari, jadi praktis hari ini tidak bisa melakukan apapun khususnya tentang aplikasi ya. Untuk hardware sudah terpasang di masing-masing unit dan sudah melakukan uji fungsi perangkat pada hari sebelumnya.

Untungnya kita sudah melakukan uji fungsi aplikasi pada saat akhir pelatihan pada hari ke 3 kemaren. Patut di syukuri untuk mengambil keputusan pada waktu itu. Karena kondisi tegangan listrik yang juga tidak stabil hingga kemasalah klasik soal grounding. Mengakibatkan peralatan UPS rusak, tidak tanggung-tanggung 2 UPS sekaligus rusak sehingga memerlukan penggantian UPS, untungnya di sekitar Palu masih ada yang jual… agak susah sih spesifikasinya terutama yang UPS 2200 tersebut, cuma ada di 1 toko saja. Untung ada barangnya, gimana kalo ndak ada….nunggu kiriman dari Jakarta???… dan di extent untuk tinggal di Palu lebih lama…bisa berantakan tuh rencana minggu depan.

Palu plesetan dari Padam melulu, hehehe….emang pas deh. Pada hari ke 5 pun demikian. Pagi hari masih hidup sekitar 1 jam dan sempat melakukan pendalaman materi di beberapa unit, tetapi akhirnya listrik pun padam hingga menjelang kita mo pulang sekitar jam 17:00, terpaksa di sempatkan untuk melakukan pengecekan akhir terutama untuk melakukan penggantian header dan penutup pada laporan LP dan tanda bukti di SPK Polres.

Depan Polres Palu

Depan Polres Palu

Tim 5 LG untuk site terakhir Sulawesi Tengah akhirnya selesai sudah, perjalanan jauh

Hari ini kita melakukan review lagi sedikit, karena semua materi telah di sampaikan kemarin semuanya kepada semua peserta. Setelah itu langsung uji fungsi untuk Polda dan Polresnya sekalian. Pertimbangan ini diambil atas persetujuan dari pendamping pak Surodjo dan tim Konsultan ITB pak Rusli (dan ternyata ada untungnya juga melakukan hal tersebut…)

Selain faktor lebih memudahkan kita juga mereka. Tetapi kita juga tetap akan memberikan pendalaman materi setelah mereka training ini, dengan mengunjungi setiap site dimana perangkat PC tersebut di tempatkan.

(more…)

Pelatihan dimulai pada pukul 9:00 WITA, setelah sedikit delay karena menunggu proyektor dan pembukaan oleh pak Surodjo. Ini yang gw suka dari pak pendamping Mabes, beliau selalu melakukan pembukaan untuk pelatihan dengan memberi arahan pelatihan dan tujuan dari deployment ini. Sehingga peserta pun menjadi lebih terarah untuk menerima materi pelatihan.

Seperti biasa kita bagi tugas, untuk pengantar awal oleh sdr. Faqih untuk memberikan overview tentang OPS ini. Selanjutnya langsung ke materi OPS nya.

Training Polda

Training Polda

Materi bisa di sampaikan dengan lancar… lha wong udah 4 site kok jadi lancar banget, saking lancarnya udah kelar setelah siang… sistem kebut tapi tetap memperhatikan pemahaman peserta. Kali ini tim aplikasi OPS memang cuma berdua saja, tapi tetap dalam kapasitas yang memadai untuk memandu para peserta pelatihan.

(more…)

Palu merupakan site terakhir untuk deployment bagi Tim 5, dan merupakan daerah ke 5 setelah ke SulSel (Makassar), SulTra (Kendari, SulUt (Menado), dan Gorontalo.

Ada semangat awal setelah bulan Ramadhan kemarin melakukan puasa di daerah orang dan setelah lebaran. Juga muncul juga kejenuhan untuk melakukan traveling kembali ke Sulawesi. Perjalanan yang jauh lebih enak sih di bandingkan 2 minggu terakhir pada saat bulan Ramadhan lalu yang penuh dengan perjuangan.

Kota Palu yang jauh lebih padat di bandingkan dengan Kendari, posisi berada di teluk Palu, dimana di apit oleh 2 gunung dan di lewati oleh sungai Palu. Tinggal di hotel Palu Golden, hotel terbaik sih katanya… tapi ada lebih bagus lagi sih di Swiss Hotel, tak pa-palah yang penting ada kolam renangnya dan bisa berenang sore-sore….muantap

Polda Palu

Polda Palu

Isu awal adalah belum selesainya Polda Palu setelah kejadian kebakaran beberapa waktu lalu. Dan ternyata memang masih belum selesai juga renovasi gedungnya.

(more…)