Sertifikasi untuk seorang yang bergerak di bidang IT saat ini sepertinya sudah merupakan suatu keharusan selain gelar akademik yang dimiliki tentunya. Tetapi apakah yang memiliki sertifikasi IT tanpa gelar akademik memiliki kemungkinan prospek yang lebih baik dibandingkan yang memiliki gelar akademik saja tanpa memiliki sertifikasi IT?

Di beberapa kasus hal itu ternyata tidak sepenuhnya benar. Tetapi untuk lebih memperluas peluang bekerja dan selain menambah keyakinan pribadi (lebih pede gitu) memiliki ke dua akan lebih baik (gelar akademik dan sertifikasi), dimana semua orang sudah banyak yang mengambil ke dua nya.

Dari sekian banyak sertifikasi yang ada di dunia IT, bidang mana aja sih yang ingin di dalami atau mau ambil jalur yang sesuai dengan minat maka sertifikasi apa yang mesti di ambil, berikut sedikit gambaran yang ada.

Berikut informasi jenjang karir terkait dengan sertifikasi IT
http://certification.comptia.org/ExploreCareers/careerpaths/career_roadmap.aspx

Untuk roadmap sertifikasi dari Microsoft bisa di cek di link berikut
http://www.microsoft.com/education/itacademy/Pages/roadmap.aspx

Dari sekian banyak sertifikasi yang ada, mana yang cocok saya ambil ya? Hal ini tentunya bergantung pada pasar, kesempatan, dan sesuai dengan keinganan dan kemampuan masing-masing.

Bisa di cek di link berikut sertifikasi berdasarkan kategori bidang di IT bagi yang berminat. Untuk tahun 2014 ini, menurut majalah online CIO ada beberapa sertifikasi

Demikian panduan singkat tentang sertifikasi pada bidang IT, masih jauh dari cukup untuk sekedar memberikan gambaran tentang sertfikasi itu sendiri.

Leave a Reply