Amal baik yang bisa dilakukan dalam waktu 1 menit.
Dalam sebuah kultum subuh, seorang ustadz bertanya kepada jamaahnya:
 “ Hadirin jamaah shalat shubuh yang dimuliakan Allah, coba sebutkan,  apa yang bisa diperbuat seseorang dengan waktu satu menit untuk  mendapatkan pahala akhirat”?. Siapa yang bisa menjawab nanti saya beri hadiah satu mushhaf Alqur’an cetakan Madinah.
Alim  : “ ustadz, Dalam satu menit kita dapat membaca surat Al Fatihah sebanyak 5 kali.” Ustadz : “ benar mas Alim, siapa lagi?

Ulum : “  saya ustadz. Dalam satu menit kita dapat membaca “La ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa Hua ala syai’in qadiiir”  20 kali”.
Ustadz : “ahsanta, siapa lagi?
Ilman : “ saya ustadz, Dalam satu menit kita dapat membaca “Subhanallah wabihamdihi”  100 kali
Ustadz : “ahsanta,  ya mas Ilman…..  ok siapa lagi?
Halim  : saya ustadz , Dalam satu menit kita dapat membaca “Subhanallah wabihamdihi, subhanallahil azhiim”  50 kali.
Ustadz : “ahsanta ya mas Halim, ayo…. siapa lagi?
Himan : ana ustadz. Dalam satu menit kita dapat membaca “laa haula walaa quwwata illaa billah” 40 kali.  
Hilmuddin  :” ana ustadz, Dalam satu menit ana dapat membaca “Laa ilaaha illallah” 50 kali.  
Salim  : “ saya ustadz… Dalam satu menit saya dapat membaca “Subhanallah wabihamdihi, adada khalqihi, wa ridha nafsihi, wa zinata arsyihi, wa midada kalimaatih”  15 kali
Salman :” saya ustadz.. Dalam satu menit  kita dapat membaca “Astaghfirullah” 100  Kali
Aslam : “ya ustadz, Dalam satu menit kita  dapat membaca  shalawat kepada nabi sebanyak 50 kali
Ustadz : “subhanallah  ….  para hadirin rahimakumullah…. begitu banyak pahala yang bisa didapat dengan waktu satu menit…… cuba kita ulangi, dengan satu menit kita dapat :
 
Membaca alfatihah 5 kali Membaca satu huruf dari Al Qur’an mendapatkan 10 kebaikan. Bila dihitung, maka ada lebih dari 140 huruf terdapat dalam surat Al Fatihah. Jadi satu kali membaca Al Fatihah mendapatan lebih dari 1.400 kebaikan. Maka dalam satu menit kita mendapatkan lebih dari 7.000 kebaikan. 
 
Membaca “La ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa Hua ala syai’in qadiiir”  20 kali. Membacanya 10 kali pahalanya seperti pahala memerdekakan 4 orang hambah sahaya dari keturunan nabi Isma’il AS.
 
Membaca “Subhanallah wabihamdihi”  100 kali. Barang siapa membacanya 100 kali dalam sehari maka diampuni dosanya walau sebanyak buih di lautan
Membaca “Subhanallah wabihamdihi, subhanallahil azhiim”  50 kali. Keduanya adalah kalimat yang ringan diucapkan, berat dalam timbangan dan sangat dicintai Allah Ar Rahman.
 
Membaca “laa haula walaa quwwata illaa billah” 40 kali. Kalimat ini adalah satu diantara perbendaharaan-perbendaharaan surga.  Membaca “Laa ilaaha illallah” 50 kali. Siapa yang akhir ucapannya laa ilaha illallah maka dijamin masuk surga.
 
 Membaca “Subhanallah wabihamdihi, adada khalqihi, wa ridha nafsihi, wa zinata arsyihi, wa midada kalimaatih”  15 kali. Membaca kalimat ini menyamai pahala berlipat-lipat kali dari ucapan tasbih”
 
Membaca “Astaghfirullah” 100  Kali. Kalimat ini adalah penyebab ampunan dosa, menambah kekuatan jiwa, menahan bala’, memudahkan urusan, penyebab turunnya hujan, penyebab banyaknya anak dan harta.
Membaca  shalawat kepada nabi sebanyal 50 kali. Dengan melakukan ini Rasulullah saw. Akan menjawabnya sebanyak 500 kali.
 
Dalam satu menit kita dapat bersilaturrahim lewat telpon,  membaca satu halaman buku, mengucapkan salam dan berjabatan tangan. Hal ini dapat menghilangakan dosa. Kita dapat melakukan amar makruf dan nahi mungkar,  dapat memungut duri dan menyingkirkannya, dapat tersenyum dan bermanis muka. Dan masih buanyaaaak lagi yang dapat kita lakukan.

Juga para hadirin sekalian, Perlu diketahui bahwa sebagian besar amalan ini dapat dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya khusus. Kita  tidak harus bersuci dari hadats kecil. Dapat lakukan di mana dan kapan saja. Dapat lakukan dengan berjalan, di atas mobil, terlentang santai, saat menunggu seseorang atau saat belajar .

Subhanallah …… 

WA Group MT Binus

Leave a Reply