Subhanallah,

Niatan untuk pergi umroh sudah ada pada 1 tahun terakhir, tanpa terpikirkan adanya dana untuk berangkat umroh darimana, Allah Maha Kuasa, kalau memang sudah ada niatan, ternyata rezeki tak jauh kemana.

Berikutnya bingung mau pakai travel mana nih, banyak travel yang menyelenggarakan umroh tetapi tetap harus berhati-hati karena sudah cukup banyak berita, dimana penyelenggara travel banyak yang menipu, tidak mudah oleh sebab itu kita bertanya dengan teman-teman yang sudah pernah berangkat umroh menggunakan travel apa, cek travelnya, lihat websitenya bila ada, telp customer servicenya bilamana perlu, tanyakan. Bandingkan dengan travel yang digunakan teman lainnya.

Niatan umroh sempat diceritakan kepada seorang teman, dan Alhamdulillah gayung bersambut, ternyata ybs mengajak untuk umroh ramadhan 10 hari terakhir dengan menggunakan jasa teman yang seorang agen. Sempat terjadi sedikit ganjalan karena teman agen tsb hanyalah seorang sub agen travel. Singkat cerita dari pelajaran tentang agen umroh tsb, sebaiknya mencari agen utama yang langsung menangani perjalanan umroh.

Tidak pernah terencana sebelumnya untuk bisa umroh Ramadhan di tahun 2015 ini, perjalanan umroh pertama dan terberat dalam bulan ramadhan (puasa) dan teriknya matahari di Makkah (estimasi suhu 42-45), Subhanallah…

Alhamdulillah perjalanan dari 7 Juli hingga 23 Juli dimana 13 hari berada di Makkah dan 3 hari di Madinah sangatlah Subhanallah…

Strategi

Perjalanan umroh terutama saat di Makkah untuk Qiyamulail memerlukan suatu strategi untuk menjaga agar fisik tetap dalam kondisi fit dalam sepuluh hari terakhir. Usahakanlah untuk meminimalisir yang tidak perlu dilakukan sebaik mungkin hanya untuk beribadah dan istirahat agar bisa beribadah kembali. Makanlah apa yang ada dan perbanyak minum (terutama air Zamzam) pada malam hari. Usahakan tidak perlu ngomel (baik dalam hati maupun ucapan) agar energi yang ada tersalurkan hanya untuk wirid dan ibadah saja. Bilamana letih usahakan untuk istirahat atau manfaat waktu luang untuk istirahat tidur, jangan gunakan untuk berbelanja mubazir (buat saya pribadi).

Cerita lainnya bisa di baca di Persiapan Umroh, Umroh Makkah, dan Umroh Madinah.

Catatan:
Serial rangkaian perjalanan umroh ini disusun secara bertahap untuk mengenang kembali perjalanan umroh pertama kali setelah perjalanan umroh ini selesai.

Alhamdulillah ya Allah, semoga diperkenankan kembali untuk berkunjung kembali, amin ya rabbal alamin

One Response to “First Time Umroh”

  1. Umroh Murah says:

    Alhamdulillah , semoga muslim dan muslimah lainnya di Indonesia bisa menyusul juga berangkat ke Tanah Suci ya

Leave a Reply