Allahu Akbar,

Madinah memang termasuk kota Haram yang dilindungi para malaikat. Kota yang sudah tertata lebih baik dibandingkan Makkah saat ini yang sedang dalam proses pembangunan baik itu di Masjidil Haram maupun untuk lingkungan sekitar nya. Bangunan dibuat sama tingginya di sekitar Masjid Nabawi, dan hotel-hotel mengelilingi Masjid Nabawi sudah sangat dekat. Masjid Nabawi juga mentetramkan bersama suasana kota yang juga mentetramkan, sehingga ibadah jadi lebih khusuk lagi.

Menurut pendapat pribadi, perjalanan umroh sebaiknya di mulai dari Madinah terlebih dahulu, intensitas ibadah dipersiapkan bertahap dari Madinah sebelum ke Makkah. Sangat berbeda kondisi di Makkah dan Madinah, jauh lebih keras suasana di Makkah dibandingkan Madinah yang lebih lembut. Itu dialami pada saat ramadhan ini, 2015.

Sayangnya belum sempat menikmati suasana berbuka di Masjid Nabawi, sehingga belum bisa menceritakan pada saat ini. InSya Allah bilamana Allah berkehendak diberi kesempatan lagi untuk umroh kembali pada bulan Ramadhan kelak.

Baca juga perjalanan umroh ke Makkah, persiapan umroh, dan awal perjalanan umroh.

Leave a Reply