Kayaknya keren ya Sofware Engineering…weedeh…berat abis deh, bagi yang belum tahu kira-kira makhluk apa ini, berikut kutipan yang di ambil dari wiki

Software engineering is the application of a systematic, disciplined, quantifiable approach to the development, operation, and maintenance of software.[1] It encompasses techniques and procedures, often regulated by a software development process, with the purpose of improving the reliability and maintainability of software systems.[2] The effort is necessitated by the potential complexity of those systems, which may contain millions of lines of code.[3]

— kalo mengutip dari Ian Sommerville dari bukunya Software Engineering, di sebutkan Software Engineering adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan, dimana ada dua kata kunci yaitu:
1. ‘Disiplin Rekayasa’ dimana perekayasa membuat suatu alat bekerja dengan menerapkan teori, metode dan alat bantu yang sesuai serta penggunaan secara selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan walaupun tidaka ada teori atau metode yang mendukung.

2. ‘Semua aspek produksi perangkat lunak’, rekayasa perangkat lunak tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan seperti manajemen proyek perangkat lunak dan pengembangan alat bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi perangakt lunak.

— geto deh, kutipan dari Ian Sommerville

Kalo dilihat dari pengertian di atas, cakupan dari software engineering tersebut luas juga ya, dan menarik untuk di tekuni sebagai bekal untuk cari duit … hehehe.

Dari ACM/IEEE sendiri ternyata juga mengeluarkan suatu kode etik sebagai profesional Software Engineering, antara lain harus mengikuti Delapan Prinsip berikut :

1. MASYARAKAT — Perekayasa perangkat lunak akan bertindak secara konsisten sesuai dengan kepentingan masyarakat.

2. KLIEN DAN ATASAN — Perekayasa perangkat lunak akan melakukan yang terbaik bagi klien dan atasan mereka, konsisten dengan kepentingan masyarakat.

3. PRODUK — Perekayasa perangkat lunak akan mejamin bahwa produk mereka dan modifikasi yang mereka lakukan terhadapnya memenuhi standar profesional yang setinggi-tingginya.

4. PENILAIAN — Perekayasa perangkat lunak akan mempertahankan integritas dan independensi penilaian profesional mereka.

5. MANAJEMEN — Manajer dan pemimpin rekayasa perangkat lunak akan mengikuti dan mempromosikan pendekatan etis terhadap manajemen pengembangan dan pemeliharaan perangkat lunak.

6. PROFESI — Perekayasa perangkat lunak akan mempertinggi integritas dan reputasi profesinya konsisten dengan kepentingan masyarakat.

7. KOLEGA — Perekayasa perangkat lunak akan bersifat adil dan mendukung terhadap koleganya.

8. DIRI SENDIRI — Perekayasa perangkat lunak akan berpartisipasi dalam pembelajaran seumur hidup mengenai praktek profesi mereka dan akan mempromosikan pendekatan etis terhadap praktek profesi tersebut.

Kode Etik ini dibuat terkait dengan perilaku dan keputusan yang dibuat oleh para Software Engineering Profesional yang mencakup profesi praktisi, pendidik, manajer, supervisor, pembuat kebijakan dan termasuk trainee dan mahasiswa profesi Sofware Engineering.

Menarik banget bukan…. kita akan lanjutkan ke tulisan berikutnya .. ditunggu ya 🙂

Kalo masih tertarik bisa lihat materi lainnya User Interface Design, kalo masih tertarik bisa baca-baca tentang Requirements Engineering, yang juga ndak kala serunya.

Berikut beberapa link menarik yang bisa di pelajari dari Software Engineering antara lain:
Software Engineering Portal
Roger Pressman Resources

Leave a Reply