Tulisan ini melengkapi tulisan sebelumnya tentang openbravo sebagai open source ERP. Sebelum berkembang lebih lanjut, gimana kalo di omongin tentang open source itu sendiri, Open source kalo di Indonesiakan itu sumber terbuka,…dan menurut Wikipedia versi Indonesia, disebutkan bahwa open source (sumber terbuka) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).
Kalo menurut IGOS, Open source software bukan sekedar produk yang dapat menggantikan software-software mahal, tetapi lebih pada terbukanya peluang berinovasi dengan kode-kode yang terbuka untuk dikembangkan menjadi berbagai aplikasi lainnya. Ini yang membedakan dengan software proprietari yang dijual dengan harga puluhan hingga ribuan dolar AS.(Sumber: Kusmayanto Kadiman)

Gimana….cukup jelaskan kan. Selanjutnya ERP, dimana ERP itu sendiri sebenarnya merupakan suatu singkatan dari Enterprise Resource Planning, menurut Wikipedia versi Indonesia, disebutkan bahwa ERP adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

Nah kalo open source ERP itu udah bisa di tebakkan, kira-kira ERP yang source code nya di buka untuk umum dan tersedia bebas untuk dapat di gunakan oleh siapa pun. Aplikasi ERP yang paling terkenal dan mahal adalah SAP. Lainnya JD Edward, PeopleSoft, BAAN, dan masih banyak lainnya yang bersifat komersial.

Situs lainnya yang cukup jelas menjelaskan ERP adalah Blog Richard Sitompul, Agung.

Tadi di jelaskan di atas tentang ERP komersial, nah sekarang kita bahas tentang open source ERP. Aplikasi ERP merupakan aplikasi yang kompleks banget, tapi kalo memang nguasai proses yang ada di dalamnya wedeh…siip

Tulisan-tulisan berikutnya akan bercerita tentang open source ERP lainnya baik itu tentang openbravo, sugarCRM, magento, compiere, adempiere, atau aplikasi opensource lain yang bisa di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Semoga bermanfaat.

Catatan: Kalo ndak sibuk dengan kerjaan nanti bisa ngoprek atau evaluasi aplikasi ERP, tapi ndak janji loh….hehehe

2 Responses to “open source ERP”

  1. Fadli says:

    Mas Dimana saya bisa mendapatkan Source Code Open Bravonya…saya butuh,apakah sepaket ketika kita mendownload..terimakasih mas.

  2. Bawes says:

    mas Fadli bisa langsung ke sumbernya saja websitenya atau ke sourforge.com

Leave a Reply