Sepertinya ngimpi saja, yang sebelumnya tak terpikirkan untuk melakukan pembelian gadget kembali, karena kebutuhan untuk keperluan bekerja lebih nyaman dan menambah semangat, akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian gadget notebook. Serta beberapa alasan lainnya :)

Setelah keliling-keliling dan mencari laptop yang pas, terpikir untuk membawa yang ukuran 12″ saja karena selama ini udah puas banget bawa powerbook kesayangan kemana-mana. Tinggal processornya saja dan kapasitas hardisk tentunya memory di atas 1GB. Kapasitas hardisk minimal 250GB lah biar bisa muat lebih banyak lagi. Nah processor nih yang lagi bingung, kenapa untuk yang 12″ kok ndak ada yang tinggi paling mentok sih di T6400, tidak bisa lebih. Oya tentunya dibatasi juga budgetnya paling tidak dibawah 10jt lah…hehehe banyak maunya.

Pilihan ternyata ada di Axio, Acer, Compaq, dan Lenovo nih, mo milih untuk OS Windows dan bisa di pake buat nge Linux juga, udah lama juga ndak ngoprek lagi.

Tertarik sih pada Acer 2930 yang bentuknya imut lah, spek hardisk sesuai 250, memory juga ok, vga intel ok juga, berat ndak lebih dari 2 Kg. Tapi ternyata nih barang udah ndak ada lagi di pasaran. Tinggal 2930Z yang bukan Core 2 Duo, weleh…

Pertimbangan untuk membeli OS Windows asli pun diperhitungkan, itung-itung biar ok kalo jalan-jalan keluar gitu. Tapi ya itu mesti lihat budget laptopnya, kalo di bawah 8jt masih bisa tuh beli Win XP Pro. Kenapa? kebanyakan aplikasi kantor menggunakan atau compatible dengan XP Pro. Aplikasi untuk perbankan, yang perlu di coba untuk di install di laptop sebelum instalasi di server client.

Setelah melalui pertimbangan lagi, ternyata pilihan jatuh kembali ke mac, dengan harga yang lebih kurang sama, akhirnya mencari macbook biar bisa dual boot dengan boot camp. Processor yang lebih tinggi T8100 (Penryn) dan standar memory yang sudah 2GB, tinggal mengganti hardisk menjadi 320GB maka perangkat tersebut telah siap untuk mengais rezeki dengan lebih semangat.

Yang udah pake mac maka akan tetap lengket ke mac kembali, halah…aktivitas personal lebih cenderung untuk menggunakan Leopard, sedangkan aktivitas kantor dengan program-program untuk perbankan menggunakan XP Pro yang lebih stabil dengan pengawasan ketat NOD32 dan TuneUp Utilities.

Bismillah, semoga gadget baru ini bisa membawa rezeki lebih baik lagi.

Leave a Reply