Instalasi modem GSM Bandluxe C180 pada laptop Compaq V3000 dengan OS Ubuntu 10.04 ternyata tidaklah susah amat (wee sombong dikit). Padahal coba pertama kali sih hopeless juga, bisa ngak sih install modem GSM Bandluxe C180 di Ubuntu. Searching di pabrikannya Bandrich nemu cara instalasi C180 tapi untuk Ubuntu 9.10. Download zip nya, di baca petunjuknya, untuk ngejalani sh aja susah amat, ngak bisa-bisa. Ternyata propertinya mesti di set dulu agar bisa di execute jadi executable. Caranya tinggal di klik kanan saja, pilih properti. Pada tab Permission, beri tanda centang pada Allow  executing file as a program.

Dan ternyata gagal,…juga sodara-sodara. Hehehe,
Tanpa pantang menyerah, search lagi, ada petunjuk nih dari Borys dari polishlinux.org, doi pake wvdial ternyata. Coba melakukan

sudo apt-get install wvdial gnome-ppp

ndak efek juga, setelah melakukan wvdialconf pada terminal
kalo gitu modemnya di eject dulu, klik kanan pada modemnya trus eject
kemudian di coba lagi wvdialconf, nah baru deh ke detek tuh modem, asik

Trus cara koneksinya gimana?
Oh ternyata di ubuntu pun mudah banget (caile), setelah baca manual dari Bandrich itu ternyata memang mudah banget.
Tinggal klik kanan pada Network di icon network yang ada di kanan atas itu, pilih New Mobile GSM Connection, ikutin langkahnya.
Masukkan APN nya, untuk IM2 gunakan APN: indosatm2, masukkan user dan passwordnya (kebetulan pake yang prabayar bulanan)
Kalo mo edit bisa gunakan menu System > Preference > Network Connection, pilih tab Mobile Broadbands.

setelah semuanya terseting, lalu tinggal pilih network yang akan digunakan pada icon network di kanan atas tersebut.
atau gunakan Gnome PPP pada menu Application (kiri atas)
satu lagi, pastikan bahwa modem sudah terdeteksi ya dengan menggunakan terminal wvdialconf untuk cek sudah terdeteksi atau belum, pada ttyUSB0 atau ttyUSB1 ataupun ttyUSB2.

Bisa juga menggunakan modem GSM Bandluxe C180 di ubuntu 10.04, muantap lah pake Ubuntu sebagai tools kerja, selain macbook dengan Snow Leopardnya donk….

Tinggal di coba nih gimana performancenya, tunggu info berikutnya. :)

selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Caranya tinggal di klik kanan saja, pilih properti. Pada tab Permission, beri tanda centang pada Allow  executing file as a

Leave a Reply