Salah satu teknik yang sedang in dalam development process suatu aplikasi adalah Agile, salah satu pengembangan nya adalah Scrum. Cerita awalnya bisa dari metode pengembangan waterfall yang tidak begitu pas lagi bila dalam kondisi tertentu (atau bahkan dalam kebanyakan kondisi) untuk pengembangan aplikasi. Ditambah lagi dengan adanya pengembangan dari sisi teknologi bahasa pemrograman yang sudah semakin mudah dan lebih cepat lagi (pemanfaatan OO), plus adanya perubahan yang selalu terjadi pada lingkungan bisnis proses, memaksa pengembangan aplikasi pun di buat lebih cepat, mudah beradaptasi terhadap perubahan bisnis proses, dan mendorong user sebagai bagian dari pengembangan aplikasi, sehingga aplikasi bisa digunakan langsung oleh user. Untuk lebih lanjut tentang sejarah Scrum bisa di cek di Wikipedia.

Info dasar Scrum bisa di baca pada Scrum-Guide di scrum.org, ada versi bahasa Indonesia. Sumber lainnya bisa di cek di site google.

Implementasi Scrum bersifat unik pada setiap perusahaan, tetapi aturan dasarnya tetap mengacu pada Scrum Guide. Seorang Scrum Master akan menjadi coach/pendamping scrum tim, hingga tim menjadi mandiri. Scrum Master bukan pengganti Project Manager, Scrum Master merupakan servant leadership (pemimpin yang melayani). Scrum Master merupakan fasilitator tim pengembang bukan seseorang yang memerintah atau memberi pekerjaan kepada tim pengembang.

Membaca Scrum Guide begitu mudah, role yang gamblang (mudah dipahami), tapi untuk menguasai tidak mudah, karena banyak tantangannya. Baik untuk merubah paradigma setiap orang yang terlibat, pembuktian pada organisasi dan manajemen.

Menjadi seorang Scrum Master sangatlah menantang.

One Response to “Exciting Scrum”

  1. Joshua Partogi says:

    Benar sekali Pak. Scrum sangat sederhana namun butuh kerja keras untuk menjalankannya.

Leave a Reply