Ujian sertifikasi Project Management Profesional (PMP) dari Project Management Institue (PMI) merupakan salah satu ujian yang lumayan sulit atau bagi beberapa orang merupakan ujian sertifikasi yang sangat sulit. Sangat relatif memang, kalau dengan persiapan yang baik, pengalaman beberapa rekan yang sudah lulus PMP menyebutkan tidak terlalu susah.

Sertifikasi PMP memiliki beberapa persyaratan antara lain

  1. Bagi mereka yang sudah sarjana, harus memiliki jam terbang di proyek lebih kurang 4500 jam (lebih kurang 3 tahun terakhir). Bagi yang belum sarjana, jam terbang di proyeknya lebih lama yaitu 7500 jam.
  2. Sudah mengikuti pelatihan project management selama 35 jam

Detilnya ada di link berikut http://www.pmi.org/Certification/~/media/PDF/Certifications/pdc_pmphandbook.ashx

sumber: PMI Certification

Berapa biayanya?

Untuk non PMI member biayanya sebesar $ 555, bagi PMI member biayanya $ 405 untuk ujian dengan komputer online (CBT). Jadi lebih murah kan kalau jadi member PMI. Disamping itu bisa donwload ebook gratis PMBOK untuk materi dasar ujian sertifikasi PMP tersebut.

Untuk jadi member PMI biayanya $ 129 kemudian jangan lupa join juga PMI lokal chapter dalam hal ini PMI Indonesia Chapter, dengan tambahan biaya $ 15

Mengapa PMP?

Base on Tech Republic, salah satu sertifikasi yang paling popular terutama untuk dunia IT, selain MCITP, MCTS, VCP, CCNA, CISSP, Network+, CompTIA Healthcare IT Technician

Soal PMP

Total soal PMP yang diujikan ada 200 soal multiple choice yang harus di selesaikan dalam waktu 4 jam, rata-rata mengerjakan lebih kurang 1 menit. Dalam bahasa Inggris untuk ujian di Indonesia. Dari 200 soal tersebut, hanya 175 soal yang akan dinilai dan 25 soal bonus. Tapi kita tidak tahu mana soal bonus mana yang bukan ya, jadi asumsi kerjakan semuanya. Oya soal di desain tidak lebih dari 5 menit untuk menyelesaikannya, jadi kalau sampai lebih dari 5 menit untuk menyelesaikannya maka dipastikan salah baca soal.

Per 30 Agustus 2011, soal PMP mengalami perubahan soal, dimana muatan kasusnya menjadi lebih banyak. Hingga saat ini (Nov 2012) buku PMBOK edisi 4 tetap menjadi acuan utama agar bisa lulus dari ujian sertifikasi PMP. Semua soal berdasarkan PMBOK bukan dari pengalaman pribadi sebagai Project Manager, hal ini perlu dingat ya :)

Mau tahu seperti apa soal-soal ujiannya, bisa coba tes online di 75 soal Oliver Lehmann

 

 

 

 

Leave a Reply