PMI Indonesia ChapterMengambil tulisannya Pak Arisman di milis PMI Indonesia, tanggal 4 Des 2012, tentang sejarah PMI Indonesia Chapter. Sangat menarik menyimak sejarahnya.

…Sedikit sharing dan kilas balik mengenai organisasi not for profit PMI Indonesia Chapter. Kilas balik ini mungkin akan bermanfaat sebagai pijakan untuk maju ke depan. PMI Indonesia Chapter adalah kelanjutan dari PMI Jakarta, Indonesia Chapter. Perubahan nama Jakarta menjadi Indonesia Chapter sudah disetujui oleh PMI pada tanggal 26 Agustus 2012. Tujuan perubahan nama ini lebih banyak diharapkan untuk menyatukan professional di bidang manajemen proyek di seluruh Indonesia ke dalam suatu wadah yang sama dengan area yang lebih luas.

Apabila disebutkan sebagai PMI Jakarta Chapter tentunya sulit untuk mengajak rekan yang berasal dari Bandung, Yogyakarta, Surabaya atau kota lainnya untuk ikut bergabung. Walaupun konsep Indonesia Chapter juga sebenarnya memungkinkan untuk dibentuk Chapter Branch seperti yang sudah terbentuk saat ini yaitu PMI Indonesia Surabaya Branch dan PMI Indonesia Yogyakarta Branch. Menggunakan nama Indonesia ternyata memberikan spirit yang sangat kuat.

PMI Jakarta, Indonesia Chapter dibentuk pada tanggal 4 April 1996 di Jakarta dalam suatu meeting yang dihadiri oleh 40 orang peserta dan difasilitasi oleh Mr. Paul D. Giammalvo, PMP. Dalam meeting tersebut disepakati untuk menunjuk Mr. Hari G. Soeparto sebagai kandidat Chapter President dan enam orang volunteer sebagai officer sementara sampai dilakukan pemilihan pada bulan Desember 1996.

Pada tanggal 18 April 1996 dalam meeting pertama Chapter direncanakan untuk mengajukan diri menjadi PMI Indonesia Chapter pada akhir tahun 1996. Pada meeting tersebut ditunjuk 19 orang founding member yang akan mengajukan Chapter menjadi bagian dari PMI. Tercatat nama-nama berikut sebagai person yang ditunjuk meresmikan chapter ke PMI yaitu antara lain: Hari G. Soeparto, Nugget Gunawi, Rahayu Setyawati, Agung Pribadi, Hotasi Nababan, Lukman Mahfoedz, Krishna Pribadi, Erry Eriandsyah, Himawan Arief, Haspul Nasser, Sumarhadi, Coddy Soerono dan lain-lain.

Pada tanggal 3 Oktober 1996 PMI resmi menyatakan PMI Indonesia sebagai chartered. Dalam proposal pengajuan chapter disebutkan bahwa chapter ini berencana akan mempunyai member sebanyak 20.000 orang dan 5.000 certified PMP pada tahun 2003. Walaupun pada akhirnya target tersebut ternyata memang sulit untuk dicapai.

PMI Indonesia Chapter ditahun 1996 juga membentuk Pengurus yang terdiri dari 22 Officers yang disebut sebagai PMI Chapter Interim Executives susunannya sebagai berikut:
1. Chapter President : Hari G. Soeparto
2. VP Membership : Nugget F. Gunawi
3. VP Communication : Rahayu Setyawati
4. VP Government Relation: Richard Claproth
5. VP Meeting : Agung Pribadi
6. VP Finances : Hotasi Nababan
7. VP Special Project : Lukman Mahfoedz
8. VP Education : Krishna Pribadi
9. PM Meeting Speaker : Erry Eriandsyah
10. PM New Member Introduction : Himawan Arief
11. PM Membership Database : Haspul Nasser
12. PM Monthly Newsletter: Sumarhadi
13. PM PMI HQ Contact : Edwin Badrusomad
14. PM Certification : John H. Tjahjadi
15. PM University Liason : Iman Soeharto
16. PM Business Liason : Michael Tedja
17. PM Annual Program : Andy Sugito
18. PM Member Renewals : Benny Octantianto
19. Committee Secretary : Desi Kartika
20. Facilitator : Paul D. Giamalvo
21. PM Government Relation : Coddy Soerono
22. PM Facility : Joefrizal

Kepengurusan PMI Indonesia terus berlanjut dengan berbagai aktifitas dan kegiatan. Perkembangan jumlah member yang saya catat sebagai berikut Dec-2008 : 105 member, Dec-2009: 92 member, Dec 2010: 98 member, Dec 2011: 215 member dan Dec 2012 sampai saat ini ada 327 member.

Sebagai syarat untuk pengajuan perubahan nama dari PMI Jakarta Chapter menjadi PMI Indonesia Chapter, chapter diharuskan membuat perencanaan ke depan dalam bentuk Chapter Business Plan. Sedikit mengutip Chapter Business Plan yang sudah dibuat ke depannya PMI Indonesia Chapter mempunyai target sebagai berikut. Target jumlah member Dec-2012: 400 member, Dec-2013: 700 member, Dec-2014: 1.000 member dan Dec 2015:1.400 member.

Di samping merencanakan jumlah member, PMI Indonesia Chapter juga merencanakan jumlah credential holder atau pemilik sertifikasi yang dikeluarkan PMI yaitu sebagai berikut: Dec-2012: 400 certified, Dec-2013: 450 certified, Dec-2014: 500 certified dan Dec-2015: 600 certified.

Dalam rangka menunjang target dan sasaran yang telah ditetapkan, PMI Indonesia Chapter juga sudah membentuk jajaran pengurus yang biasanya disebut Board PMI Indonesia Chapter. Adapun volunteer yang bersedia bergabung sebagai board adalah sebagai berikut:
1. Chapter President : Mohammad Ichsan PMP
2. General Secretary : Arisman Indrawan PMP
3. VP Treasury : Wim Cromer PMP
4. VP Program : Anna Y Khodijah, PMP, PMI-SP
5. Board Program : M. Hanif Arinto PMP
6. Board Program : Rizal Rizaldi PMP
7. Board Program : Amerio Ruci Utomo
8. VP Education : Sigit Wahyudiono PMP
9. Board Education : Athar Januar PMP
10. Board Education : Ramot Lubis PMP
11. Board Education : Noerahman Saleh PMP
12. VP Communication : Erlangga Arfan, PMP
13. Board Communication : Alin Veronika PMP, PMI-RMP
14. Board Communication : Bayu Waseso
15. Board Communication : Indra Dwisasongko
16. Board Communication : Dody Darundryo, PMP
17. VP Membership : Ika Avianto, PMP
18. Board Membership : Feri heri Susilo
19. VP Marketing : Corina Munthe
20. Board Marketing : Inayat Taufik PMP
21. Board Marketing : Gunawan PMP
22. VP Branch : –
23. President Surabaya Branch: Agus Setiyono
24. President Yogyakarta Branch : Budi Hartono

Seluruh board adalah volunteer yang bekerja dalam organisasi PMI Indonesia Chapter secara sukarela. Walaupun demikian pada setiap penunjukkan board akan selalu diikuti dengan penandatanganan letter of commitment. Letter ini menjadi bukti bahwa volunteer yang bergabung akan mempunyai komitmen kuat untuk memajukan chapter. Saat ini masih dibutuhkan banyak sekali volunteer yang akan memajukan chapter.

Banyak event dan kegiatan yang dijalankan oleh chapter seperti open membership meeting, roadshow to company, goes to campus, book review, PMP preparation, symposium, member gathering, regional meeting, leadership institute meeting dan lain-lain. Pembuatan newsletter, update website, mailing list, melakukan promosi, membuat networking, menjaring sponsor dan lain-lain. Juga melaporkan kegiatan, melaporkan kondisi financial, membuat survey, memberikan presentasi dan lain-lain.

Hal yang menjadi sangat umum dalam setiap meeting board PMI Indonesia chapter adalah kalimat: Yuk berbagi tugas. Semoga rekan-rekan member chapter yang ada saat ini bisa juga memberikan kontribusi sebagai volunteer dalam board PMI Indonesia Chapter. Tujuan utamanya sangat sederhana: Ayo majukan Indonesia!

Salam Sinergi
Arisman Indrawan
General Secretary PMI Indonesia Chapter…

Demikian sekilas sejarah PMI Indonesia Chapter, informasi lebih detil bisa di cek di website PMI Indonesia Chapter

3 Responses to “Sejarah PMI Indonesia Chapter”

  1. dharma tora says:

    saya berminat sekali menjadi anggota dan volunteer PMI indonesia chapter, tapi sebelum menjadi anggota PMI Indonesia chapter kan harus menjadi anggota PMI pusat. Saya sudah membuka website PMI Pusat dan sudah mendownload aplikasi membership dengan type individual membership. Saya mengalami kesulitan mas bayu, setelah saya melengkapi form pendaftaran anggota PMI
    1. kemana saya harus mengirimnya via email
    2. pembayaran harus melalui kartu kredit, jika tidak punya kartu kredit, bagaimana membayarnya?
    tolong saya diberi pencerahan mas
    saya tunggu pencerahannya
    tks

  2. dharma tora says:

    atau mungkin saya salah langkah mas dalam hal pendaftaran anggota PMI?
    karena di type individual membership ada join or renew now or download an application… Saya harus pilih yang mana agar tidak membayar keanggotaan secara kartu kredit.
    mohon petunjuknya mas….

  3. Bawes says:

    Untuk pembayaran tanpa kartu kredit ya, coba nanti cari tahu dulu

Leave a Reply