Visual Paradigm untuk UML merupakan salah satu pemodelan perangkat lunak yang tersedia untuk rekan-rekan, yang ingin belajar atau menguasai keterampilan pemodelan UML, untuk merancang ER diagram juga ok. Hal ini diadopsi oleh banyak proyek open source dan kelompok masyarakat. Dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan memiliki kemampuan pemodelan yang baik serta memenangkan berbagai penghargaan, sehingga memungkinkan rekan-rekan untuk mengembangkan desain perangkat lunak berkualitas secara efisien dan profesional.

Beberapa pemodelan perangkat lunak lainnya antara lain StarUML, ArgoUML, dan Visual Paradigm UML versi CE (Community Edition). Pemodelan yang terakhir ini yang akan kita bahas sedikit disini.

Nur Rachmad, pada blognya menjelaskan sebagai berikut :

Visual Paradigm sebuah software model dengan system visualisasi memungkinkan model yang telah dibuat dapat digunakan sebagai representasi proyek-proyek lain dilengkapi dengan beberapa fitur yang ada didalamnya sampai pada menganalisa sebuah proyek yang akan dikerjakan. Diagram dapat disusun sedemikian rupa sehingga dapat dipustakakan menjadi proyek per proyek yang saling berkaitan. Hal ini dapat juga membantu memisahkan terhadap pekerjaan proyek sampai level terkecil.
Visual Paradigm dapat membandingkan perubahan antara diagram yang satu dengan yang lain yang saling berkaitan dan dapat digunakan untuk melacak perbedaan antara diagram-digran yang ada.

Di blognya Henderi juga menerangkan sedikit tentang penerapan UML, bisa di cek sendiri ya.

Sebelumnya bisa di download dulu Visual Paradigm versi CE tersebut.

VP-UML Community Edition (VP-UML CE) merupakan pemodelan GRATIS untuk menggambarkan UML dan membantu menciptakan diagram UML yang profesional dengan mudah dan cepat melalui antarmuka diagram. VP-UML CE tidak hanya mendukung UML tetapi juga ERD dan SysML. Mahasiswa dan desainer UML pemula ingin belajar dan berlatih UML dan keterampilan pemodelan dengan VP-UML CE. Open source dan kelompok masyarakat menggunakan VP-UML CE untuk mendokumentasikan proyek software mereka dan mempublikasikan output ke halaman / blog Web mereka.

 

Leave a Reply